Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Untuk Pengobatan

Obat Tradisional Kencing Nanah Dalam 3 Hari
Herbalis Asli Indonesia

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Untuk PengobatanTanaman Herbal dikenal juga dengan tanaman obat. Tanaman obat herbal ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan tanaman-tanaman lain. kelebihan tanaman obat herbal ini yaitu bermanfaat untuk tubuh dalam meningkatkan daya tahan dan mencegah serta mengobati tubuh dari berbagai penyakit.

Sudah banyak yang menggunakan tanaman obat herbal sebagai obat-obatan yang teruji mengobati penyakit kelas ringan bahkan sampai penyakit kelas berat. Selain mengingat efek sampingnya yang kecil tapi juga khasiatnya yang besar bila dibanding obat berbahan kimia.

Tanaman obat herbal ini banyak tumbuh di berbagai tempat, apalagi mengingat negara Indonesia ini tanahnya subur, dan mungkin bisa jadi tumbuh di sekitar tempat anda berada.

Berikut beberapa jenis tanaman obat di sekitar kita yang bisa anda manfaatkan sebagai obat dan tanaman obat ini sudah dicoba oleh masyarakat terdahulu untuk mengobati penyakit.

11 Tanaman Herbal Yang Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Untuk Pengobatan

7 Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Untuk Pengobatan

1. Tanaman Obat Herbal Daun Sirih (Piper betle)

Ciri-ciri tanaman sirih pohonnya bisa mencapai tinggi 10 meter. Batang sirih warnanya coklat agak kehijauan, memiliki bentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal memiliki bentuk seperti jantung, ujungnya runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan wangi yang sedap apabila kita remas. Panjang daun sirih sekitar 5 sampai 8 cm dan lebar 2 sampai 5 cm.

Khasiat dan manfaatnya daun sirih ini dapat menyembuhkan penyakit asma, radang tenggorokan, menghilangkan bau badanyang tidak sedap, untuk mengobati sakit mata, sebagai obat mimisan, mengobati sakit gigi, dan mengatasi keputihan.

2. Tanaman Obat Herbal Tanaman Lidah Buaya (Aloe Vera)

Ciri-ciri tanaman ini tingginya 30 sampai 50 cm. Daun tunggal, berdaging tebal, dan bergetah bening. Bentuk daun memanjang dan ujungnya runcing, tepi berduri. Panjang daun mencapai 30 sampai 50 cm, lebar 2 sampai 10 cm. Warna daun tanaman lidah buaya hijau muda dihiasi bercak-bercak putih di kulitnya.

Khasiat dan manfaatnya sebagai bahan penyubur rambut, perawatan kecantikan, mengobati sakit kulit, sebagai penyembuh luka, serta peredam rasa panas pada luka bakar dan obat kanker.

3. Tanaman Obat Herbal Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

Ciri-ciri tanaman ini yaitu dengan terna berbatang semu dengan tinggi hingga lebih 1 meter tetapi tidak lebih dari 2 meter. Dengan daun berwarna hijau atau coklat keunguan, panjangnya 30 cm-85 cm dan lebarnya 10-18 cm.

Khasiat dan manfaatnya memiliki yaitu temulawak memiliki kandungan kurkumin yang berguna sebagai anti radang ataupun anti keracunan empedu. Temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati sakit hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama penyakit kanker hati.

4. Tanaman Obat Herbal Daun Jarak (Ricinus Communis)

Biasanya dikenal juga kaliki atau kalek.

Ciri-ciri pohon jarak ini yaitu memiliki batang bulat dan sedikit licin, memiliki rongga dan berbuku-buku karena bekas tangkai daun, serta berwarna hijau kemerah-merahan.

Khasiat dan manfaatnya, pada akarnya sebagai anti rematik dan mampu menenangkan. Pada bijinya terasa manis, pedas namun netral. Biji jarak banyak digunakan sebagai obat kanker rahim, hernia, rematik, TBC dsb.

5. Tanaman Obat Herbal Sambiloto (Andrographis Paniculata)

Biasanya dikenal juga ki oray, takilo. Ciri-ciri tanaman sambiloto tingginya sampai 50 cm berdaun tunggal, memanjang, tersusun bersilang berhadapan di batang. Daun sambiloto ujungnya runcing, panjang daun 5 cm, dan lebar 1,5 cm. Warna daun hijau agak mengkilap.

Khasiat dan manfaatnya untuk mengobati TBC, batuk rejan, radang paru.

6. Tanaman Obat Herbal Daun Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus)

Tanaman ini memiliki ciri semak pendek dengan batang yang agak berkayu dan berbulu halus. Daunnya berbentuk bundar, sedikit lonjong dan memanjang. Tepi daunnya bergerigi dan berbulu halus, ujung dan pangkalnya meruncing.

Khasiat dan manfaatnya untuk mengobati infeksi kandung kemih, kencing batu, encok, bengkak kandung kemih, infeksi saluran kencing dan keputihan.

7. Tanaman Obat Herbal Daun Jintan (Coleus Amboinicus)

Biasanya dikenal juga dengan sebutan ajiran, daun kambing, kutu etu, daun jinten.

Ciri-ciri tanaman ini menjalar. Daunnya hijau muda, berdaging, dan bersifat mudah patah. Tepi daun beringgit panjang 6,5 sampai 7 cm, dan lebar 5,5 sampai 6,5 cm.

Khasiat dan manfaatnya sebagai obat sariawan, batuk, perut mulas, dan sakit gigi.

Demikian ulasan mengenai Tanaman Herbal yang biasa disebut juga dengan tanaman obat yang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Selengkapnya : Tanaman Herbal

Ambejoss Dan Zaitop
Herbalis Asli Indonesia
Jamu Herbal Untuk Mengobati Wasir Atau Ambeien

Jamu Herbal Untuk Mengobati Wasir Atau Ambeien – Ambeien atau wasir adalah penyakit yang terjadi disebabkan oleh gangguan pelebaran pembuluh balik (vena) pada dubur. dan Penyakit ini pada umumnya diderita oleh orang yang kebanyakan duduk.Penyakit ambeien atau wasir sebenarnya dapat dicegah dengan cara membiasakan minum air minimum 2,5 liter sehari, …

Cengkeh Sebagai Obat Tradisional Indonesia
Herbalis Asli Indonesia
Daun Akar Biji Dan Buah Tanaman Herbal Di Indonesia

Daun Akar Biji Dan Buah Tanaman Herbal Di Indonesia – Tanaman Herbal dikenal juga dengan tanaman obat. Tanaman obat herbal ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan tanaman-tanaman lain. kelebihan tanaman obat herbal ini yaitu bermanfaat untuk tubuh dalam meningkatkan daya tahan dan mencegah serta mengobati tubuh dari berbagai penyakit. …

Manfaat Daun Kumis Kucing Sebagai Obat Herbal
Herbalis Asli Indonesia
Manfaat Dari Tanaman Kumis Kucing

Manfaat Dari Tanaman Kumis Kucing – Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) adalah tanaman yang termasuk golongan famili lamicaeae/labiatae yang banyak dijumpai di Indonesia. Tanaman ini dipercaya banyak memberikan khasiat bagi kesehatan kita. Tanaman kumis kucing sebenarnya berasal dari Afrika yang kemudian menyebar ke Asia dan Australia. Khasiat daun kumis kucing sangat …